REPUBLIKA.CO.ID,NAZARET–Sumber-sumber media Israel, Rabu (7/7), mengungkapkan adanya sebuah jaminan dari Amerika kepada entitas Zionis Israel, yang disebutnya sebagai surat “rahasia”. Dalam surat tersebut Washington  berjanji membangun kerjasama dengan Zionis Israel dalam bidang tenaga nuklir.

Radio militer Israel dalam siarannya, Rabu (7/7), mengatakan, “Amerika Serikat telah menyampaikan surat jaminan rahasia kepada Israel, yang isinya Amerika berjanji membangun kerjasama antara kedua belah pihak dalam bidang tenaga nuklir untuk tujuan sipil, meskipun Israel tidak tergabung dalam perjanjian internasional untuk larangan penyebaran senjata nuklir.

Radio militer Israel menyebutkan, dalam suratnya pihak Amerika berjanji menjual bahan pemecah nuklir kepada Israel yang mungkin digunakan untuk pembangkit listrik, di samping teknologi dan berbagai bahan lainnya.

Pemerintah Amerika juga berjanji kepada Israel akan menggunakan ungkapan-ungkapan baru melalui pernyataan-pernyataan yang disampaikan secara terang-terangan, yang menegaskan bahwa Israel adalah Negara bertanggung jawab menahan diri berkaitan dengan kemampuannya, demikian menurut radio militer Israel.

Sementara itu sejumlah media massa memberitakan yang intinya bahwa Presiden Amerika Barack Obama akan menekan entitas Zionis Israel untuk menandatangani piagam larangan penyebaran senjara nuklir.

Obama mengatakan dalam konferensi pers usai pertemuannya dengan PM Israel Benyamin Netanyahu, bahwa Amerika tidak akan meminta Israel melakukan apapun yang akan membahayakan keamanannya.

Iklan