مفاهيم شيخ تقي الدين النبهاني عن المادة العقيدة والأخلاق
(مبحث تحليلي)
بقلم: يان سيفتيانا فراسيتيادي
ملخص
طرأ فراغ الروحية على الإنسان اليوم شديدا، ليس عندهم مبدأ الحياة بل عندهم الانحطاط. كان الإسلام إلى اليوم، معالجة من هذه الانحطاط، بالفكر الأساسي عن العقيدة و العمل التنفيذي عن الأخلاق. وقد وجد أكثر الناس من المشكلتين، أما أن تكون المشكلة التقليدية وإما أن تكون المشكلة المبدئية، إلى حين القرن التاسع الميلادي كان شيخ تقي الدين النبهاني لأجل ذلك قام، و كان أيضا عالما مجتهدا مؤسسا حزب التحرير حركة عالمية، الذي بذل جهده للوضع القواعد التدريس العقيدة الإسلامية و الأخلاق الإسلامية، وأن ثمّر إليهما نتائج من الطريقة التدريس لكل الأمم و القبائل.و قد يفهم النبهاني العقيدة الإسلامية بإتصاف أساسية و عقلية، ولكن الباقي العلاقة من دليل العقلي والنقلي. ويفهم علي الأخلاق الإسلامية بإتصاف تنفيذية و عملية و بأن أبعد على الطريقة النظرية و الفلسفية.
هذه أغراض البحث لمعرفة الفهم النبهاني على عقيدة الإسلامية وأخلاق الإسلامية، مع الفهم طريقة التدريسهما، حتى يجد أكثر الناس تيسيرا
طريقة البحث التي استعملت في هذه الرسالة هي تحليل المحتوى. يعنى جمعت المصادر الأصلي والمصادر التبيعي. وحلّلت من الفهم النبهاني عقيدة الإسلامية وأخلاق الإسلامية، الذي نقلت عن مؤلفاته: ككتاب “نظام الإسلام”، و “الشخصية الإسلامية جزء الأول”، و “ميثاق الأمة”، و “مفاهيم حزب التحرير”.
نتائج البحث إلى أن :الأول، العقيدة -عند النبهاني- هي التصديق الجازم، المطابق للواقع، يجب عن دليل القطعي –كالقرآن و الحديث المتواتر. الثاني، الأخلاق هي الصفات التي وجب للمسلم عند قيامه بأعماله، الصفات التي لديها أصل الحكم من أدلة الشرعية وليست العقل والأراء فقط. الثالث، أما طريقة التدريس العقيدة هي أن تكون عميقية وليست تقليدية، حتى ثـمّر إلى الأعمال بما وجبه الشريعة الإسلامية. وأما الأخلاق بني على القاعدة “الأصل في الأفعال التقيد بحكم الشرع”، والتأسِّي للرسول الله (صلي) مع الأصحابه عملية تنفيذية.
TAQIYUDDIN AN-NABHANI THOUGHT
ABOUT AKIDAH AND AKHLAK STUDIES
(The Qualitative Research)

ABSTRACT

Recently, the emptiness of human spiritualism has turned into the high level; they have lost their principles and dehumanization appears in every aspect. Until now Islam has been always trying to save human from that dehumanization with its radical idea named aqeedah (faith) and practical idea named akhlaq (morals). But to understand that many people have problem, it could be dogmatism problem or ideological problem, until the 19th century. Syaikh Taqiyuddin An-Nabhani–an intellectual person, mujtahid and a founder of international liberation party or Hizbut Tahrir in Arabic–was born to the world to solve that problem, he thought deeply and tried so hard to present the easier methodology study for aqeedah (faith) and akhlaq Islamiyah for human kind. An-Nabhani’s concepts of aqeedah Islamiyah are more rational and radical than other concepts, but still in the context of dalil akli and naqli. An-Nabhani’s concepts of akhlak Islamiyah are more technical in application and avoid theoretical philosophy.
The purpose of this research is for knowing An-Nabhani’s idea about aqeedah (faith) and akhlaq Islam, also his methodology studies, so that it can produce the description of the easier frame of aqeedah (faith) and akhlaq Islamiyah to be easily comprehensible to people who need it.
This research uses content analysis method that is collecting primary and secondary data, then analyze the An-Nabhani’s concepts about aqeedah (faith) and akhlaq Islamiyah, taken from a few of his masterpieces or primary reference, such as: Nizhâm al-Islâm (chapter Tharîq al-îmân and al-Akhlâq), Asy-Syakhshiyyah al-Islâmiyyah Juz al-Awwal (chapter Aqeedah Islamiyah and Tharîqah Islam Fi ad-Dars), Mitsâq al-Ummah (point ‘Iman and Mujtama’), and Mafâhim Hizb at-Tahrîr (point Aqeedah and al-Akhlâq).
The result of this research shows that: (1) in An-Nabhani’s opinion, aqeedah (faith) is a definite justification, compatible with the fact, and it must be based on definite argument or dalil (Al-Quran and Hadeeth Mutawatir). (2) in An-Nabhani’s opinion too, akhlaq (morals) is the obliged characteristic in every Moslem when he behaves, but the standardization is syariah reference only, but not the reason. (3) About the methodology study for aqeedah (faith), in An-Nabhani’s opinion, it must be taught in the way of radical rational argument and people must avoid dogmatism, then the object of study will act and react based on aqeedah (faith) to complete the syariah obligation. While, the methodology study for akhlaq (morals), must be based on the concept that the standard of human behaviour in this world must always be guided by the syariah law, and akhlaq is taught practically by the models of Messenger saw and his shahabah radhiyallahu ‘alaihim.

PEMIKIRAN SYAIKH TAQIYUDDIN AN-NABHANI
TERHADAP BIDANG STUDI AKIDAH AKHLAK
(Penelitian Kualitatif)

ABSTRAKSI

Dewasa ini manusia mengalami kekosongan spiritual yang sudah mencapai klimaksnya, mereka tidak punya prinsip hidup dan mengalami kemunduran moralitas. Islam dari dulu sampai sekarang, terus berupaya menyelamatkan manusia dari keterpurukan tersebut, dengan ide mendasarnya tentang akidah dan ide praktisnya tentang akhlak. Namun untuk memahaminya banyak yang mengalami kesulitan, bisa karena problem dogmatisme maupun yang bersifat ideologis, hingga pada abad ke 19 M., muncul Syaikh Taqiyuddin An-Nabhani seorang ulama mujtahid, juga pendiri harakah Internasional Hizbut Tahrir, yang telah mengerahkan segenap pemikirannya untuk memahami dan membuahkan metodologi pembelajaran akidah Islamiyah dan akhlak Islamiyah, bagi semua umat manusia. Akidah Islamiyah dalam pemahaman An-Nabhani bersifat rasional dan mendasar, namun tetap sesuai konteks dalil, baik aqli maupun naqli. Adapun akhlak dalam pemahamannya lebih bersifat praktis aplikatif dan menjauhi metode teoritis filosofis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman An-Nabhani terhadap akidah dan akhlak Islamiyah, serta pemahaman tentang metodologi pembelajarannya, sehingga menghasilkan gambaran akidah dan akhlak Islamiyah yang mudah untuk dipahami oleh setiap orang yang membutuhkannya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode content analysis (analisis isi) yaitu, dengan cara mengumpulkan data-data yang bersifat primer dan skunder. Kemudian menganalisis pemikiran An-Nabhani terkait akidah dan akhlak Islamiyah tersebut, yang diambil dari beberapa masterpiece-nya, yaitu sumber primer, seperti kitab Nizhâm al-Islâm (bab Tharîq al-îmân dan al-Akhlâq), Asy-Syakhshiyyah al-Islâmiyyah Juz al-Awwal (bab ‘Aqidah Islamiyah dan Tharîqah Islam Fi ad-Dars), Mitsâq al-Ummah (point ‘Iman dan Mujtama’), dan Mafâhim Hizb at-Tahrîr (point ‘Aqîdah dan al-Akhlâq).
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) Menurut An-Nabhani, Akidah adalah pembenaran yang pasti, sesuai dengan fakta, dan wajib berdasarkan dalil yang bersifat qath’i (Al-Quran dan Hadits Mutawatir). (2) Menurutnya pula Akhlak adalah sifat yang wajib dimiliki seorang muslim ketika beraktifitas, sifat tersebut memiliki tolok ukur berdasarkan dalil-dalil syariah dan bukan berdasarkan akal. (3) Adapun metodologi pembelajaran Akidah, menurut An-Nabhani ia harus diajarkan secara mendalam dan bukan secara taklid (dogmatis), sehingga akan berbuah pengamalan terhadap perkara-perkara kewajiban syariah. Sedangkan metodologi pembelajaran Akhlak, harus berdasarkan pemahaman standar perbuatan manusia yang terikat dengan hukum syara, dan Akhlak diajarkan secara praktis lewat gambaran keteladanan Nabi saw dan para Shahabat.